Telusur Alam SDIT Al Hikmah Bintara, 17 Juli 2012

Acara khusus dalam rangka MOS di SDIT Al Hikmah Bintara tanggal 17 Juli 2012. Kelas 1 (yang baru lulus TK), kelas 2 (yang baru naik dari kelas 1) dan kelas 3 (yang baru naik dari kelas 2) mengikuti acara Telusur Alam. Rute perjalanan tidak jauh-jauh, hanya di sekitar SDIT Al Hikmah, bahkan tidak sampai menyeberang Jalan Bintara Raya. Ini rutenya di sekitar Bintara XVII.

Image 

Persiapan pemberangkatan sudah mulai sejak pukul 07.30. Adik-adik kelas 1, 2, 3 berkumpul di Lapangan Futsal SDIT Al Hikmah (lapangan baru lhooo … :-)). 

Hiruk-pikuk siswa-siswi dan guru-guru serta para anggota staf yang terlibat pun terdengar di sana-sini.

 

Suara krasak-kresek juga terdengar dari kerumunan (bukan barisan, anak-anak Al hikmah tidak bisa baris karena jarang dilatih Pelajaran Baris-Berbaris :-p). Apakah gerangan? Oh, ternyata suara kantong plastik yang mereka bawa. Isinya bekal sekedarmya untuk perjalanan singkat mereka: air dalam kemasan, roti sobek, serta barang-barang lain yang berkaitan dengan tugas-tugas. 

Image 

Para peserta Telusur Alam 2012, siswa-siswi SDIT Al Hikmah Bintara yang hebat-hebat. Denisa jangan lemes gitu, dong …😦 kan acara ini buat seneng-seneng ….

Katanya anak-anak kelas 1, 2 dan 3 akan berangkat tanpa didampingi guru? Wah, hebat banget mereka? Nggak takut kesasar? Apa-apaan guru-guru ini? Siswa-siswa kecil kok tidak didampingi?

Ah, jangan khawatir, Pemirsa. Rupanya mereka tidak berangkat begitu saja, Ada kakak-kakak dari kelas 5 dan 6 yang siap mendampingi mereka dalam suka dan duka… (hik, … lebay). Siapkah kakak-kakak ini? Tentu saja, mereka sudah menyusuri jalur perjalanan itu puluhan kali. Mental dan skill mereka pun sudah terlatih. Namanya saja keren, PEGASUS = Pasukan Penggalang Khusus. Hebat ‘kan?

Image 

Inilah sebagian kakak-kakak PEGASUS yang akan mendampingi adik-adik kelas 1, 2, 3. Kakak-kakak baik, jangan galak-galak, yah? Mukanya juga jangan serem gitu, atuh … adik-adik kan jadi takut ….

Ah … ternyata di sepanjang perjalanan juga ada guru-guru yang bersiap berjaga di setiap tikungan supaya peserta Telusur Alam tidak salah belok, lalu tersesat. Guru-guru Al Hikmah memang baik-baik …🙂.

Acara ‘menjelang puncak’ adalah Halang Rintang di lapangan voli di Bintara XVII. Meskipun dengan peralatan sederhana, para peserta tetap antusias mengikuti acara. Siswa-siswi diharuskan menjalani aktivitas motorik yang diharapkan dapat men-stimulus perkembangan psikomotorik mereka (wueh, … bahasanya susah banget …). Ada tiga gerakan dasar yang dilakukan di sini: loncat (atau lompat, gerakan yang mana pun boleh), merangkak, dan meniti balok (menjaga keseimbangan).

 Image

Inspeksi sebelum menempuh rintangan

 Image

Sedang merenungkan langkah besar yang akan diambil di hadapannya … What should I do?

Image 

Yak! Ayo merangkak … dan loncat!

 Image

Wajah ceria dan percaya diri calon penerus bangsa

 Image

Calon anggota KOWAD???

 Image

Antre beras … eh, bukan, ini ber-‘baris’ menanti pemberangkatan tim ke pos berikutnya ….

Perjalanan dilanjutkan ke pos berikutnya, pos terakhir, yaitu SDIT Al Hikmah. Acara puncak telah menanti: Perang Air! Bagaimana kisahnya? Ikuti berita selanjutnya. CIAO!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s